Wilayah laut suatu negara yang jaraknya 200 mil laut diukur dari pantai disebut?

oleh Gurunakal

Halo semua, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Wilayah laut suatu negara yang jaraknya 200 mil laut diukur dari pantai disebut?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Dalam hukum laut internasional dikenal istilah exclusive economic zone (EEZ) atau zona ekonomi eksklusif (ZEE). Seperti dijelaskan dalam pembukaan Konvensi PBB tentang Hukum Laut, zona ekonomi eksklusif adalah suatu daerah di luar dan berbatasan dengan laut teritorial, berjarak 200 mil laut dari garis pangkal dari mana lebar laut teritorial diukur.

Lebih lanjut dijelaskan dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut kalau dalam ZEE, negara-negara pantai memiliki:

  • hak berdaulat untuk keperluan eksplorasi dan eksploitasi, pelestarian dan pengelolaan sumber daya alam hayati maupun nonhayati, dari perairan di atas dasar laut dan di dasar laut dan tanah di bawahnya, dan mengenai kegiatan-kegiatan lain untuk eksploitasi ekonomi dan eksplorasi zona, seperti produksi energi dari air, arus dan angin;
  • yurisdiksi sebagaimana diatur dalam ketentuan-ketentuan yang relevan dari Konvensi PBB tentang Hukum Laut berkenaan dengan:
    1. pembentukan dan penggunaan pulau buatan, instalasi dan bangunan;
    2. penelitian ilmiah kelautan;
    3. perlindungan dan pelestarian lingkungan laut;
  • hak dan kewajiban lain yang diatur dalam Konvensi PBB tentang Hukum Laut.

Adanya hukum yang mengatur tentang laut ini pastinya dapat mengurangi pergolakan yang mungkin terjadi antara dua negara laut berdaulat. Dan apabila ada ZEE yang tumpang tindih, maka negara yang bersangkutan bisa menetapkan persetujuan di antara mereka dengan cara baik-baik.

ZEE Indonesia, yang luasnya di atas 6 juta km persegi, termasuk salah satu yang tumpang tindih dengan beberapa negara tetangga, seperti Australia, Vietnam, dan Filipina. Untungnya, sebagian besar masalah ZEE tumpang tindih tersebut sudah diselesaikan dan menemui kesepakatan.

Kesimpulan


Jadi, wilayah laut suatu negara yang jaraknya 200 mil laut diukur dari pantai disebut zona ekonomi eksklusif atau ZEE.

Referensi


  1. Exclusive Economic Zone.” United Nations Convention on the Law of the Sea – Part V (dalam bahasa Inggris). Diakses 15 Juli 2021.
  2. Exclusive economic zone of Indonesia.” Wikipedia (dalam bahasa Inggris). Diakses 15 Juli 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek