Waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah?

oleh Gurunakal

Halo semua, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini agar pengetahuanmu bertambah luas.


Bola basket, seperti pertandingan olahraga pada umumnya, memiliki interval atau waktu istirahat / jeda yang bisa dimanfaatkan oleh pemain untuk memulihkan tenaga, mengatur strategi, atau hal-hal bermanfaat lainnya.

Nah, waktu istirahat dalam permainan bola basket resmi diatur oleh FIBA (Fédération Internationale de Basketball, bahasa Indonesia: Federasi Bola Basket Internasional) selaku induk organisasi bola basket dunia.

Tentang Bola Basket


Bola basket adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 5 pemain. Tujuan setiap tim adalah untuk mencetak gol di keranjang lawan dan untuk mencegah tim lain mencetak gol. Permainan dikendalikan oleh wasit, petugas meja dan komisaris, jika ada.

Bola basket dimainkan di atas lapangan yang mempunyai permukaan datar dan keras yang bebas dari halangan dengan ukuran panjang 28 m dan lebar 15 m diukur dari tepi bagian dalam garis batas.

Waktu dalam Permainan Bola Basket


Dalam buku panduan FIBA disebutkan bahwa:

  • Permainan (game) bola basket harus terdiri dari 4 kuarter masing-masing 10 menit.
  • Harus ada interval permainan 20 menit sebelum game dijadwalkan untuk dimulai.
  • Harus ada interval permainan 2 menit antara kuarter pertama dan kedua (babak pertama), antara kuarter ketiga dan keempat (babak kedua) dan sebelum setiap perpanjangan waktu.
  • Harus ada interval permainan paruh waktu selama 15 menit.
  • Interval permainan dimulai:
    • 20 menit sebelum game dijadwalkan dimulai.
    • Saat sinyal jam game berbunyi untuk akhir kuarter atau perpanjangan waktu.
  • Interval permainan berakhir:
    • Pada awal kuarter pertama saat bola meninggalkan tangan kepala kru pada lemparan untuk jump ball (terjadi ketika wasit melempar bola di antara 2 lawan mana pun).
    • Di awal semua kuarter lain dan perpanjangan waktu saat bola berada di tangan pemain yang melakukan throw-in atau lemparan ke dalam (terjadi ketika bola dioper ke lapangan permainan oleh pemain di luar lapangan yang melakukan lemparan ke dalam)

Karena berbasis waktu, maka tim yang paling banyak mencetak skor paling tinggi hingga akhir kuarter keluar sebagai pemenang. Jika skor imbang pada akhir kuarter keempat, permainan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu masing-masing selama 5 menit sebanyak yang diperlukan untuk memutus seri.

Jika skor agregat dari kedua game untuk sistem kompetisi seri poin total 2 game kandang dan tandang seri pada akhir game kedua, game ini akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu sebanyak 5 menit masing-masing yang diperlukan untuk memutuskan seri.

FIBA juga memberi penjelasan jika pelanggaran dilakukan selama interval permainan, maka setiap lemparan bebas akhirnya akan diberikan sebelum awal kuarter berikutnya atau perpanjangan waktu.

Kesimpulan


Dari bahasan singkat di atas kita bisa mendapatkan kesimpulan kalau waktu istirahat dalam permainan bola basket adalah 15 menit yang disebut interval permainan paruh waktu. Lalu ada interval permainan selama 2 menit antara kuarter pertama dan kedua dan antara kuarter ketiga dan keempat.

Lihat Juga


Referensi


  1. “2020 Official Basketball Rules.” FIBA (dalam bahasa Inggris). Diakses 16 Juli 2021. File PDF.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek