Bahasa resmi Filipina adalah?

oleh Gurunakal

Halo semuanya, bahasan kali ini membantu menjawab pertanyaan “Bahasa resmi Filipina adalah?” Ayo baca seluruh isi bahasan ini untuk memperluas wawasanmu.


Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan orang-orang di dunia. Setiap negara memiliki bahasa nasional dan daerah masing-masing. Sedangkan bahasa internasional yang umum digunakan adalah bahasa Inggris.

Nah, di Filipina, ada dua bahasa yang pergunakan secara resmi di seluruh negeri di samping bahasa masing-masing daerah. Kedua bahasa tersebut adalah bahasa Filipino dan bahasa Inggris.

Filipino, yang didasarkan pada Tagalog, adalah bahasa nasional. Bahasa Inggris juga banyak digunakan dan merupakan bahasa pengantar di pendidikan tinggi.

Sementara itu, terdapat delapan (8) dialek utama yang digunakan oleh mayoritas orang Filipina: Tagalog, Cebuano, Ilocano, Hiligaynon atau Ilonggo, Bicolano, Waray, Pampango, dan Pangasinense.

Mengapa bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa resmi di Filipina? Ini tak lepas dari sejarah Filipina yang sempat menjadi koloni Amerika Serikat.

Pengaruh bahasa dari negara tersebut membuat warga Filipina banyak yang fasih berbahasa Inggris. Ini menjadi salah satu kelebihan bangsa Filipina dibanding bangsa Asia lain karena memudahkan mereka berkomunikasi di dunia internasional.

Kesimpulan


Jadi, bahasa resmi Filipina adalah Filipino yang didasarkan pada Tagalog dan bahasa Inggris.

Lihat Juga


Referensi


  1. General Information.” thehaguepe.dfa.gov.ph. Diakses 4 Juli 2021.

Baca juga yang ini

Tulis unek-unek